Pengaruh Kebiasaan Sarapan Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Smpn 1 Barru Tahun 2018

Authors

  • Ichsan Trisutrino Author

Keywords:

Kebiasaan Sarapan, Prestasi Belajar, Remaja, Siswa

Abstract

Sarapan merupakan kegiatan makan dan minum setelah sekitar delapan hingga sepuluh jam saluran pencernaan beristirahat selama tidur. Sarapan pagi pada remaja sekolah dapat meningkatkan konsentrasi belajar, kemampuan memecahkan masalah, daya ingat, dan memudahkan penyerapan pelajaran sehingga prestasi belajar lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Responden penelitian yaitu siswa di SMP Negeri I Barru, Sulawesi Selatan berjumlah 96 orang. Analisis statistik menggunakan metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan (p=0,000 dan R square 0,480) antara kebiasaan sarapan terhadap prestasi belajar dengan persamaan Y = 67,547+3,820 X. Artinya pengaruh kebiasaan sarapan terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri I Barru sebesar 48%, dan apabila kebiasaan sarapan meningkat sebesar 1 satuan, maka prestasi belajar akan meningkat 3,820. Sehingga untuk semakin meningkatkan prestasi belajar, maka kebiasaan sarapan siswa harus ditingkatkan.

Published

2024-12-05

Issue

Section

Articles